Popular Post

Posted by : Setyo Angga Prakoso Kamis, 30 November 2017

Apasih Festival Danjiri Itu?

Danjiri Matsuri (Festival Danjiri) pada dasarnya adalah festival panen untuk mendoakan hasil panen yang baik. Festival Danjiri umum terjadi di seluruh Jepang. Tapi jika Anda mengatakan Danjiri Matsuri (festival) kepada orang Jepang, ada satu hal yang terlintas dalam pikiran: hiruk pikuk dan penuh semangat yang terjadi setiap bulan September di kota Kishiwada, Osaka.

Danjiri sendiri adalah gerobak kayu besar (Danjiri Guruma) yang berbentuk kuil atau pura. Danjiri yang sering dibuat dari kayu ini, penuh dengan hiasan dan ukiran yang rumit. Kota-kota dengan festival danjiri di dalamnya memiliki lingkungan yang berbeda, masing-masing komunitas bertanggung jawab untuk memelihara danjiri mereka sendiri. Saat festival berlangsung, danjiri disiapkan dengan rangkaian bunga yang rumit, kartu doa, ornamen, dan konsekrasi religius. Mereka juga membuat lagu spesial setiap tahunnya. Dipercaya bahwa roh atau dewa bersemayam di dalam danjiri. Orang yang berdiri di atap danjirilah yang mengendalikan arah gerakan.

Warga kota menghabiskan cukup banyak waktu untuk mempersiapkan festival tersebut. Rapat dan konsekrasi diadakan di kuil beberapa hari sebelum festival berlangsung. Danjiri tersebut dikuduskan untuk acara besar, dan dihias dengan berbagai cara. Untuk hiasan, bendera, kartu doa, rangkaian bunga segar, dan dalam beberapa kasus bahkan lampion pun digunakan. Taiko (drum) dan Kane (bell) yang biasa digunakan untuk memainkan irama dimuat ke danjiri, dan para musisi memilih untuk mengikuti latihan danjiri selama berbulan-bulan sebelumnya. Usia musisi yang dipilih dapat bervariasi dari para veteran hingga anak-anak berusia empat tahun.

Kapan Festival Danjiri Berlangsung?

Festival Danjiri diadakan pada hari yang berbeda di bulan September, tergantung kapan hari libur nasional Menghormati Hari Tua jatuh. Hari-hari festival bervariasi dari tahun ke tahun dan dari kota ke kota, meskipun biasanya diadakan di musim gugur, pada akhir September atau Oktober. Pada hari festival berlangsung, komunitas warga kota menarik danjiri mereka melalui jalan-jalan kota, mengenakan happi dan memakai ikat kepala.

Acara tersebut disertai dengan hingar-bingar para peserta menarik danjiri, saat mereka meneriakkan kakegoe (teriakan yang biasa digunakan dalam penampilan seperti kabuki) atau dalam bahasa Inggris "heave-ho!". Menambah atmosfer ritme danjiri yang dimainkan pada drum dan lonceng sepanjang danjiri ditarik, yang bisa terdengar dari blok jalanan. Di kota-kota dengan banyak komunitas, festival danjiri terdiri dari berbagai danjiri yang saling berpapasan di jalan-jalan pada waktu bersamaan. Festival ini biasanya berakhir pada pertemuan danjiri di tempat yang telah ditentukan dan menyelenggarakan upacara keagamaan.

Dimana Festival Danjiri Diselenggarakan?

Festival Danjiri diselenggarakan di kota Kishiwada, Osaka. Kishiwada adalah kota kastil kelas pekerja yang masih desa sampai saat ini. Sekarang terletak di daerah pinggiran selatan kota Osaka, tidak jauh dari Bandara Internasional Kansai. Festival ini berlangsung di daerah sekitar Istana Kishiwada dan Stasiun Kishiwada. Parade pada hari pertama melewati Stasiun Kishiwada dengan perayaan pada hari kedua di lingkungan sekitar Kastil Kishiwada.

Tidak hanya di kota Kishiwada saja, di Mikkaichico dan Chiyoda pun festival tersebut diselenggarakan. Di Mikkaichico Festival Danjiri berlangsung minggu pertama Oktober, menelusuri jalan-jalan kota dan kawasan stasiun sepanjang sore. Lain halnya dengan di Chiyoda, festival danjiri berlangsung awal Oktober di malam hari. Dengan penambahan lampion dan atraksi memutar danjiri, membuat pertunjukan semakin memukau dibarengi warna lampu dari lampion yang bersinar indah.

Cara di mana festival dirayakan bervariasi dari satu kota ke kota lainnya. Danjiri dapat bervariasi dalam ukuran dan gaya dekoratif. Ada yang besar dan tinggi, yang lainnya relatif kecil. Di beberapa kota, danjiri ditarik perlahan melewati kota sampai mereka tiba di tempat tujuan. Di kota-kota lain, danjiri ditarik secepat orang bisa menariknya. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam memutar danjiri di tikungan, terkadang mengakibatkan danjiri jatuh dan membunuh seseorang. Dikatakan bahwa setidaknya satu orang meninggal dalam festival danjiri Kishiwada setiap tahunnya. Sudah umum bagi danjiri untuk menghantam dan merusak bangunan saat mereka berkutat di tikungan, dan untuk alasan inilah pemilik toko dapat membeli Asuransi Danjiri. Festival Danjiri Kishiwada mungkin adalah festival danjiri yang paling terkenal, dengan ketua komunitas yang penuh aksi saat naik di atas danjiri, melompat dan menari saat danjiri bergerak lebih cepat dan lebih cepat. Hal Inilah yang menarik ribuan penonton setiap tahunnya.

Penasaran seperti apa festival tersebut berlangsung? bisa dilihat di sini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © おおきに - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -