Popular Post

Posted by : Setyo Angga Prakoso Selasa, 28 November 2017

Hidup di jaman yang melek teknologi ini rasanya bukan hal yang baru lagi mendengar istilah online shop. Di zaman yang serba dituntut modernisasi, dimana hampir semua orang menggunakan internet dalam menunjang aktivitasnya, termasuk bagi mereka yang suka berbelanja online. Siapa tidak suka berbelanja, hampir semua orang melakukannya, entah belanja kebutuhan sandang, pangan maupun papan.

Masyarakat sepertinya lebih tertarik berbelanja melalui online. Tidak perlu lagi repot jauh-jauh datang ke tempat barang tersebut. Karena kepraktisannya, tinggal buka internet cari situs yang dituju (situs jual-beli online), cari barang yang disuka, kemudian melakukan kesepakatan pembayaran. Biasanya sistem pembayaran dilakukan melalui transfer rekening bank.

Sistem pembayaran tersebut mengharuskan seseorang mentransfer sejumlah uang, setelah itu barang yang dipesan akan langsung dikirim. Jangka waktu pengirimannya pun lama bisa sampai seminggu atau lebih bergantung tujuan pengiriman. Akan tetapi, sistem tersebut memiliki kelemahan dimana dalam transaksi tersebut bisa saja terjadi kecurangan. Seseorang diminta mentransfer dana yang diminta, namun barang tak kunjung di tangan. Alhasil kasus penipuanlah yang terjadi. meskipun ada beberapa cara untuk mencegah hal tersebut seperti penggunaan rekening bersama.

Opsi lain bisa dengan menggunakan kartu kredit. Mengingat syarat untuk mempunyai kartu kredit cukup sulit dan hanya orang tertentu yang saja yang menggunakannya, orang lebih memilih untuk mengabaikannya. Kartu kredit juga bisa menjadi sumber pemborosan, karena pengeluaran yang tidak terbatas. Karena tidak ada batasan berapa jumlah pengeluaran tersebutlah, menjadikan alasan orang bisa berbelanja sesuka hati mereka.
     
Di Jepang ada sistem pembayaran online bernama Net Protection Atobarai atau disingkat NP Atobarai NP後払い」. NP Atobarai ialah jasa pembayaran online shop yang aman dan praktis. Ada lebih dari 23.000 toko yang tersedia yang bisa menggunakan NP Atobarai. Selain itu, juga memperkenalkan toko-toko yang direkomendasikan sesuai dengan musimnya. Tidak hanya aman dan praktis, NP Atobarai juga memberikan point yang bisa disimpan. Point yang terakumulasi bisa ditukarkan dengan produk yang disukai.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya?
   
Bila kita berbelanja online, setelah mengkonfirmasi barang yang dipesan, kemudian mengisi identitas (nama, alamat, no. hp, e-mail) maka akan muncul pilihan menu pembayaran. Pilihan pertama menggunakan kartu kredit, dan yang kedua NP Atobarai. Setelah mengkonfirmasi menu pembayaran, kira-kira tiga hari setelah diproses, kita akan menerima e-mail yang menyatakan barang tersebut sampai. Biasanya kita akan menerima faktur/ tagihan 「請求書 : seikyuushoyang disertakan kedalam barang tersebut. Tapi jika tidak ada, faktur tersebut akan dikirimkan keesokan harinya. Kita juga akan menerima print-out data belanja beserta rincian dananya.

Setelah faktur kita terima, kita bisa membayarnya di kombini (minimarket) terdekat, seperti 7-Eleven, Lawson, Family Mart dan sebagainya. Batas melakukan pembayaran adalah 14 hari setelah barang tersebut sampai di tangan. Apabila faktur yang kita terima hilang, bisa dengan mengkonfirmasi via e-mail, setelah sebelumnya menerima e-mail pemberitahuan.

Benar-benar praktis bukan?

Kita tidak perlu lagi takut kena tipu, dengan modus transfer rekening. Tidak perlu pusing-pusing memikirkan bagaimana mempunyai kartu kredit. Pilih barang yang di suka, pilih NP Atobarai, tunggu barang sampai, lakukan pembayaran di kombini terdekat. Begitu mudah dan praktis. So, kalau memang ingin belanja online, kenapa tidak mulai dari sekarang?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © おおきに - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -