Popular Post

Posted by : Setyo Angga Prakoso Rabu, 27 Desember 2017

selingkaran.com


Di suatu negeri hiduplah raja yang arif lagi bijaksana. Negeri yang sangat damai dan tenteram. Sudah bertahun-tahun lamanya sang raja memimpin negeri tersebut. Sehingga menjadikan rakyat mencintai sosoknya. Sang raja pun sangat mencintai rakyat dan negerinya tersebut.

Suatu hari menjelang hari ulang tahun sang raja,  di usianya yang sudah tidak muda lagi. Ia ingin suatu barang yang bermakna. Sesuatu yang lain dan berbeda dari biasanya. Maka dipanggilah seorang pengrajin kenamaan negeri tersebut. Sang raja memintanya untuk membuatkan benda seperti yang diinginkan. Setelah sang raja mengutarakan maksudnya, bergegaslah sang pengrajin itu kembali ke kediamannya untuk memenuhi permintaan sang raja.

Dalam kediamannya, si pengrajin bingung apa yang mesti ia buat. Sesuatu yang bermakna dan berkesan. Akhirnya ia memutuskan untuk membuat cincin dengang ukiran bertuliskan sesuatu di dalamnya.

Di hari ulang tahun sang raja, dipanggilah kembali si pengrajin menghadap sang raja. Dengan raut wajah gembira ia lantas menyerahkan benda permintaan raja. Dibukalah kotak kecil oleh raja, kemudian didapatilah cincin berkilau yang sangat indah dengan ukiran di dalamnya. Si pengrajin berpesan, untuk melihat ukiran di dalam cincin tersebut, saat suatu hari nanti raja menemui hal yang berbeda dari biasanya.

Hari-hari berlalu, tanpa sadar sang raja telah mengalami banyak hal. Kala itu sang raja sedang tertimpa musibah, ia sangat sedih maka dilihatlah cincin yang ia kenakan atas saran si pengrajin. Seketika itu juga sang raja kembali tenang, wajahnya tak lagi menunjukan kesedihan. Di lain hari sang raja mendapatkan keberuntungan yang besar, maka dilihatnya kembali cincin tersebut. Lantas ia menjadi tenang seperti biasanya.

Raja sangat berterima kasih kepada si pengrajin karena telah membuatkannya cincin. Benda yang bermakna sesuai dengan apa yang diinginkan. Kini ia tidak lagi harus menanggung semuanya secara berlebihan. Ia bersyukur karena cincin yang ia kenakan dan selalu ingat dengan pesan si pengrajin. Ternyata ukiran yang ada di dalam cincin tersebut bertuliskan “this too will be pass”

Seringkali kita sebagai manusia terlalu terbawa pada suasana, dimana kita sulit untuk mengendalikan hal tersebut. Ada kalanya kita mendapatkan hal yang tidak menyenangkan dalam hidup. Tapi bukan berarti itu terjadi terus menerus karena hal yang tidak menyenangkan itu pun akan segera berlalu. Begitupun sebaliknya, ketika kita mendapat hal yang menyenangkan (keberuntungan) tidak selamanya akan seperti itu terus, pasti akan segera berlalu.

Hal yang perlu kita lakukan adalah menanggapi setiap peristiwa dengan sewajarnya dan bersikap tenang. Karena roda kehidupan akan selalu berputar. Kadang kita berada di bawah, kadang juga ada di atas. Selalu bersyukur kapan pun dan dimana pun adalah satu-satunya cara agar kita bisa melanjutkan hidup dengan damai dan tenteram.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © おおきに - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -