Popular Post

Posted by : Setyo Angga Prakoso Kamis, 22 Februari 2018

Takoyaki – jajanan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang. Bentuknya yang bulat, dengan isian gurita dan daun bawang di dalamnya, menjadikan jajanan ini terlihat seperti bakso panggang. Mungkin kalian sudah sering mencicipi jajanan khas daerah Kansai tersebut, atau mungkin membuatnya sendiri di rumah. Street food yang satu ini banyak dijumpai di pinggir jalan, atau ketika ada suatu festival/matsuri.


Takoyaki dibuat dengan cara menuangkan adonan tepung terigu yang sudah dicampur dengan daun bawang dan gurita ke dalam loyang berbentuk setengah bundar. Kemudian dibolak-balik hingga berbentuk bulat penuh sampai matang kecoklatan. Takoyaki biasa disajikan dengan olesan saus, taburan katsuoboshi (irisan ikan cakalang yang dikeringkan) dan nori (rumput laut).


Satu set takoyaki berisi 6, 8, 10 bahkan sampai 12 buah. Dibanderol dengan harga 200-400 yen. Tetapi, di daerah Kansai sendiri, khususnya Osaka, harga tersebut bisa lebih murah akibat ketatnya persaingan diantara penjual. Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi atau sumpit sekali pakai.


Sebagai camilan kebanggaan warga Osaka, takoyaki sudah melekat dengan kehidupan masyarakat sejak 50 tahun yang lalu. Disantap ketika masih panas-panasnya sebagai snack maupun dijadikan lauk nasi. Di Indonesia, jajanan ini sudah banyak digandrungi oleh muda-mudi pecinta budaya Jepang. Isian yang digunakan pun lebih beragam, tidak hanya sebatas gurita, misalnya sosis, ayam dan sebagainya. Toping nya pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Tentunya dengan beragam rasa sehingga menciptakan pengalaman baru yang bisa memanjakan lidah.


So, jika memang suka dengan kuliner Jepang yang satu ini, kenapa tidak membuatnya sendiri di rumah ?









image sources: IS JAPAN COOL?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © おおきに - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -